BLOGGER REPUBLIK INDONESIA

Translate This Site

English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Senin, 07 Juni 2010

Tips agar foto terlihat lebih menarik

Karena sekarang banyak dari kita merasa mengambil foto dengan digital kamera menjadi lebih murah, maka kebanyakan kita melupakan kualitas pemotretan yang baik. Karena merasa murah atau bahkan free, maka kita banyak sembarangan mengambil foto. Tanpa kita sadari memang inilah yang terjadi, karena gratis, maka sering kita mengambil foto tanpa diutamakan keindahan foto itu sendiri.
Usahakan selalu mengambil foto dengan kualitas yang baik, misalnya memikirkan masalah latar belakang, komposisi object, pencahayaan atau juga sudut yang menarik. Untuk itu saya mencoba memberikan beberapa masukan bagaimana foto anda terlihat lebih menarik.


  1. Jangan pernah takut untuk menundukkan badan atau bila perlu berlutut saat mengambil foto. Jangan merasa harga dii anda rusak bilamana anda menunduk atau berlutut saat mengambil gambar. Dan juga jangan takut pakaian anda akan kotor, sebab pada akhirnya foto yang indah yang akan berbicara mengenai kualitas.


  2. Latar belakang juga sangatlah penting. Apabila anda sedang memotret objek, terlebih manusia, usahakan anda selalu memperhatikan juga bagian latar belakang dari objek tersebut. Terkadang, kita lupa memperhatikan bahwa di belakang sana ada beberapa objek yang menggangu misalnya antena, kumpulan sampah, orang yang berlalu-lalang atau juga cahaya yang sangat terang. Betapun indahnya object anda, terkadang akan terlihat tidak menarik bilamana latar belakang tidak mendukung. Lain bila foto yang anda ambil memang bertema lebih berat ke bagian latar belakang, contohnya anda ingin menceritakan sosok bocah disekitar tunpukan sampah, ini memang antara objek dan latar belakang harus sesuai tema.


  3. Tidak ada salahnya menggunakan lampu flash disiang hari dan juga di luar gedung (outdoor) Secara otomatis kamera akan mengukur berapa kekuatan flash yang dibutuhkan. Hal ini akan membantu menghilangkan bayangan yang terlalu berbeda nantinya. Apabila foto pertama dirasakan perlu menggunakan flash, maka jangan ragu untuk menggunakannya. Ingat tidak ada yang melarang menggunakan flash walaupun disiang hari. Terkadang ini membantu untuk menambahkan cahaya di objek agar tidak menjadi gelap karena cahaya di belakang yang terlalu keras.


  4. Jangan terlalu jauh dari objek. Harus diingat pada hasil akhir bila foto itu di cetak, jangan sampai wajah object terlalu jauh dan kecil sehingga tidak dapat dilihat. Usahakan untuk maju mendekati objek yang hendak difoto. Walaupun kamera anda memiliki lensa zoom, akan lebih baik bila anda mendekatinya daripada menggunakan zoom. Kenapa demikian? Sebab dengan zoom yang jauh, sebenarnya ini akan mempengaruhi genggaman tangan kita. Sedikit saja bergerak, maka efeknya akan sangat besar sekali terhadap ketajaman foto itu sendiri.


  5. Selalu ingat bahwa foto tidak hanya horizontal, namun dengan vertical pun dapat membuat foto anda berbeda. Misalnya bila mengambil beberapa orang yang banyak, akan lebih bagus dengan horizontal, namun bila hanya 2-3 orang saja, maka ada baiknya juga diambil dengan vertical. Ini akan membuat perbedaan tampilan dan nuansa pemandangan di sekitarnya.


  6. Jangan lupa mengingat mengenai focus point, biasanya kamera otomatis mensetting focus point di tengah, bila anda lupa maka bias saja foto yang dihasilkan kehilangan focus pada objeknya. Biasakan bila anda ingin mengkomposisikan objek di pingiir foto, ada baiknya di fokuskan dulu objeknya, lalu tekan setengah tombol shutternya lalu tahan dan komposisikan bidikan anda. Setelah dirasa sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka tekan seluruhnya tombol shutter anda.


  7. Selalu mencoba melihat dan mencari komposisi terbaik. Tidak seluruh foto mengharuskan objek berada di tengah. Bisa saja di samping kanan atau kiri, atau mungkin atas dan bawah.


  8. Apabila anda terpaksa harus menggunakan flash, jangan lupa mempelajari berapa jarak yang dapat dicapai oleh flash anda. Usahakan bahwa objek berada dalam jarak yang dapat dicapai oleh flash anda. Bila anda menggunakan zoom, maka harus diingat jarak sebenarnya tidak sedekat apa yangdilihat di dalam kamera, bisa jadi flash tidak dapat mencapai jarak tersebut.


  9. Perhatikan juga arah cahaya yang mengenai objek. Bila anda berada di luar, usahakan cahaya matahari tidak tepat berada di atas kepala. Bila itu yang terjadi, mungkin harus menggunakan flash untuk membantu pencahayaan kepada objek. Waktu terbaik untuk pemotretan diluar adalah pagi sampai jam 6:30 sampai jam 10:00 atau bila sore hari jam 15:00 sampai sebelum matahari terbenam. Bila terlalu gelap, jangan lupa bantu dengan menggunakan flash.


  10. Usahakan untuk mengarahkan objek, juga mengambil dari beberapa sudut yang baik. Foto bukan hanya untuk merekam kejadian atau sebagai dokumentasi saja, namun usahakan anda mempunyai imajinasi untuk menjadikan foto lebih bercerita dan lebih berarti dibanding hanya menjadi sebagai dokumentasi waktu saja.
Cobalah terapkan beberapa hal diatas, ini akan menjadikan awal dari langkah menuju seorang fotografer profesional.

sumber : Ryukari Photography

Created By :



 

0 komentar:

Posting Komentar

Followers

About Me

Foto saya
Saya adalah saya. dan saya bukan kamu, jadi saya mohon jangan sama kan saya dengan siapapun.
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Buy Printable Coupons